Mei 12, 2011

SATU NAMA PART VI “ Bersamanya … ?? “



“ Pelajaran bu satu ini kok gak selesai selesai sih ... bikin bete tau gak … “ gerutu Putra saat Bu Arni keluar kelas, Bu Arni memang guru killer disekolah, aku saja sangat tisak suka dengannya.
“ Kamu pencet aja bel yang ada dikantor ... selesai kan … “ ucapku, kala itu dia duduk sebangku denganku.
“ Hahaha… bercanda kamu sayang ... bisa diskors aku nanti … emang kamu mau ku diskors … “
“ ya gak papa ... sekali kali kan boleh … “
“ anak ini loh bikin aku gemes ...pipimu tak cubit lagi loh … hiiiiih …’
“ coba kalo berani … “
“ Hiiihh… tak cium nanti kamu baru tau rasa … “ Putra mencubit pipiku. Sakit.
“ Aduh aduh aduh …. Sakit tauuu … “
“ Putra ini gak bisa diem sih ,, udah pindah bangku lain aja … ngomong melulu dari tadi … “ protes Adhi yang duduk dibelakangku. Putra pun menoleh ke belakang.
“ hei kau blacky ... sudah jangan ikut ikutan ... kenapa ...?? iri ya … sirik tanda tak tampan boy … “ ucap Putra dengan PD-nya. Aku hanya tertawa kecil mendengar mereka bertengkar. Untung saja Bu Arni keluar kelas.
“ Iiih ... siapa juga yang iri ... kamu itu yang tau diri … udahlah ... jadi cowok jangan sok keren … “
“ Iddiiiih marah nih anak … sirik lu … “
“ addduuuuuh udah stop… rame sendiri tau gak … Put ... kamu mending pindah bangku deh … biar gak tambah rame …. “
“ loh tapi ... “
“ udah ... pindah aja kenapa sih ... susah amat … “
“ Iya iya oke . “
*****
“ Assalamualaikum … “ terdengar suara dari luar rumah. Waduh, siapa ya. Tumben amat ada yang namu pagi buta gini. “ Fhatus … adduuuh masa masih belum bangun sih ... “ kayaknya aku kenal suara itu. My God, semoga bukan, tau darimana dia alamat rumahku.
Aku membuka pintu rumah ragu. Tapi akhirnya kubuka juga pintu itu. Sudah tanpak seseorang yang berdiri dan itu adalah Putra. Tau darimana alamat rumahku.
“ Tau alamatku dari mana …”
“ Hehehe . pertanyaanmu ituloh kok lucu ... masak hampir dua tahun aku satu kelas ma kamu gak tau alamatmu ... gimana sih say … “
“ lagian mau ngapain sih pagi pagi buta gini kerumahku … masih ngatuk tau ... “
“ Nah itu dia ... aku mau ngajak kamu keluar ... jalan jalan ... ayolah ... masa minggu gini dibikin molor ... “
“ Kalo berdua doang aku gak mau … “
“ ya enggaklah … sama anak lainnya … harus mau … “
“ stengah jam ya …”
“ gak mandi maksudmu “ ucapku. Putra hanya meringis mendengarnya.
“ okelah 45 menit … “
“ aku ke anak lainnya dulu nanti 45 menit lagi aku balik ... oke ...” ucapnya. Aku hanya berdehem. Jujur saja, mataku masih ngantuk. Mengganggu liburku saja anak itu. Aku lalu bergegas mandi dan ganti pakaian.
Putra melotot melihatku memakai celana pendek.
“ ganti celana pendeknya, pendek banget … yang selutut gak punya kah kamu …” protesnyanya kala itu. Cerewet sekali dia. Cuma mau pergi jalan jalan pagi saja dibuat ribet.
“ lagian kita mau kemana sih Putra, orang Cuma jalan jalan pagi aja … masa iya aku make jelana jeans ... emangnya aku mau kemall apa … “
“ okelah terserah … ayo buruan naik ... “ ucapnya. Aku kebingungan. Ini seius dia pake motor, kan belum punya SIM.
“ Naik ini ... “
“ Loh ... yaiya sayang ... udah buruan … ntar ketinggalan ama anak anak lainnya ... mereka udah berangkat duluan tadi …“
Aku lalu naik motornya Putra.
“ Pegangan loh ... nanti kalo jatuh aku gak mau tanggung jawab … “
“ Hmm …” Aku hanya berdehem, aku masih ngantuk, semalam tidak bisa tidur, dan baru tidur jam 2 pagi. Entah Putra berkata apalagi, aku tak tahu, tidak dengar.
“ Saii ... bangun ... ini malah tidur diajak jalan jalan … “ Putra menggerak gerakkan pundaknya. Ya ampun jadi aku tadi tidur. Waktu bangun, tanganku sudah melirkar dipinggangnya. “ Hm … tidur jam berapa sih kamu ... mentang mentang minggu libur tidurnya dimalemin … “
“ adduuh cerewet tau … udah ah . yang penting kan udah bangun … lagian tidur bentar aja marah … “
‘ Aku gak marah ... gimana bisa aku marah ma kamu ... paling sering juga kamu yang ngambek … “
“ yang lainnya mana ... katanya rame rame …“  tanyaku.
“ kita tadi ditinggal ... kamu sih kelamaan ... sekarang gak tau deh anak anak kemana ... jalan jalan sendiri kan bisa … udah yuk ah … masa mau disini terus … “
“ Put, kamu gak lagi bo’ongin aku kan … “
“ Kok ngomongnya gitu sih ... ya enggaklah ... “
“ trus anak yang lainnya mana ... kok gak ada ... kalaupun ketinggalan kan kita masih bisa ketemu mereka disini … “
“ Kenapa sih ... tanya melulu ... gak suka ya jalan jalan ma aku ... gak nyaman ya … “ Putra mulai ngambek dan aku rasa itu hanya pura pura saja.
“ Heeuuuuh … mulai deh … “
“ capek ... duduk disana tuh ... kayaknya enak … “ ucapnya sambil menunjuk kearah satu tempat duduk di taman itu. Aku hanya mengangguk saja. Kuturuti saja dia.
*****
“ Gini ini biasanya kamu tidur sampe siang ya … “
“ Yaiyalah ... menikmati hari libur ... biasanya yang harus bangun pagi pagi kalo hari libur harus dimanfaatkan dong biar pemerintah yang bikin hari Minggu gak mubasir sebagai hari libur… “
“ Ada ada aja yang kamu omongin itu … “
“ Say … “ ucapnya, aku hanya berdehem sambil melihat sekeliling. “ Menurut kamu ... aku itu kayak gimana sih orangnya … ??” tanyanya. Baru aku bereaksi dan menoleh padanya.
‘ Ngapain nanya gitu … “
“ Ya kan pengen nanya aja ... masa gak boleh ... “
“ Serius pengen dengar pendapatku … ” Putra mengangguk.
“ Hm … kamu itu jail, mulutnya ember, belum lagi itu kamu jadi anak yang sok perhatian ... aduh gak ada bagusnya deh Put, satu lagi … kamu itu tukang gombal … “
“ Oh ya ... tapi kalo sama kamu aku gak ngegombal loh fa … “
“ Tuh kan mulai lagi ... barusan diomongin udah mulai … “
“ Seriiuuuuuuusss … “ Aku lalu berdiri dan berjalan meninggalkannya.
“ Eh ... tunggu dong … mau kemana sih emangnya ... “
“ mau beli nasi pecel  itu …. Kenapa sih emangnya …”
“ Bentar dong ... ini kebiasaan deh ... kalau aku lagi ngomong pasti ditinggal …” Putra mengambek. Gakal usahaku mengalihkan omongannya.
“ lagian kamu itu ngomongnya gak penting banget deh Put ... bikin aku jadi males ngedengerinnya … “
“ Enggak enggak … kali ini aku serius sayang ... beneran deh …”
“ Beliin aku Konillo ...( ice cream connello, karena sudah terbiasa mengucapkan konillo aku jadi tidak bisa mengucapkan ejaan Connello dengan benar )
“ Apaan … Konillo … apa itu …??  sejenis bakso juga …. “
“ Bukaaannn … aduuh Putra ini ... ituloh eskrim Konillo … “ ucapku gemas. Putra lalu berfikir sejenak.
“ Ooo... maksud kamu Conello ... hahaha… aku baru sadar … bacanya bukan Konillo sayaang ... tapi Konello … “
“ Ya pokoknya itulah ... sulit aku mengucapkannya …”
“ pagi pagi  gak boleh makan eskrim ... perutmu nanti sakit loh ... kan belum sarapan …. Lagian tadi bilangnya beli nasi pecel ... gimana sih kamu ...”
“ Hm… dua duanya boleh … hehehe…’ ucapku.
“ Heuh ... nyengir melulu bisanya …” ucapnya, dan lagi lagi ia mengacak acak rambutku.
Kami akhirnya memilih bakso untuk dimakan.
“ Udah punya pacar belum kamu, Saiii… “ tanyanya. Aku langsung tersedak.
“ Kok nanya gitu ... kenapa emangnya … “
“ Yaa ... gak papa sih ... Cuma nanya aja ... aku manggil manggil sayang cinta gini kekamu ... kira – kira ada yang marah gak … “
“ Ada …” jawabku asal... Raut muka Putra tiba – tiba berubah.
“ siapa ... dia anak mana ... gak pernah dikenalin ke aku ... kan aku harus nyeleksi dulu siapa yang jadi cowok kamu … “
“ Haddeee... belibet banget jadi orang ... lagian siapa kamu nyeleksi pacar aku ... “
“ jawab aja deh siapa pacar kamu … aku udah mulai cemburu nih ... takut kesaing ... kira – kira cakepan mana sama aku … “ tanyanya lagi. Aku tak menjawab. Aku tak tahu harus menjawab apa. Bingung.
Aku hanya menggeleng.
“ Kenapa …?? “ malah menggeleng … “  tanyanya.
“ Aku gak punya pacar Putra ... kenapa sih bawel banget jadi orang…. “
“ Sungguhan … ??” tanyanya lagi.
“ Kenapa sih …”
“ Hm … kalo gitu ... aku aja yang jadi pacar kamu ... gimana ….??” Seketika aku langsung tersedak.
“ Uhuk uhuk uhuk …”
“ Aduuuhhh cinta ... ati ati dong ... makannya pelan pelan … tuh jadi tersedak gini …. “
“ Apaan ...? tadi kamu ngomong apa … ?? ”
“ Aku yang jadi pacar kamu … aku serius ini gak main main … “ ucapnya lagi. Aku masih membeku. Kaget, sudah pasti, tak percaya, apalagi. Di otakku kini hanya tergiang – ngiang ucapannya barusan.
“ Kalau diem berarti mau … yey … “ aku tak lagi menggubris ucapan Putra lagi. Masih belum percaya.
*****
Besoknya, aku tak lagi naik sepeda, malas, aku naik angkot dari rumah karena sudah hampir terlambat masuk sekolah, ini pertama kalinya aku datang ke sekolah mepet bel begini. Semalam aku tidak bisa tidur, terang saja, ucapan Putra masih terdengar jelas dipikiranku. Dan yang sedang aku pikirkan adalah, apa dia serius atau hanya main – main seperti biasanya.
Sampai dikoridor sekolah, sudah kulihat Putra berdiri di depan pintu kelas dengan Sanie. Aku sudah bingung bagaimana aku melewatinya.
“ Hei … tumben baru datang … ?? biasanya kamu paling rajin … “ tanyanya sambil menghentikan langkahku dengan cengkraman lembut di lenganku. Aku masih belum menjawab. “ Tidur jam berapa kemarin, matamu sembab gitu … “ tanyanya lagi.
“ Iya aku bangun kesiangan … kemarin aku tidur jam … “ aku berfikir sejenak, lupa tidur jam berapa “ aku lupa tidur jam berapa ... pokoknya malam … “.
Sanie yang melihat kami hanya tersenyum jail.
“ pasangan baru nih kayaknya … gak nyangka akhirnya runtuh juga … “ ucap Sanie. Aku melotot ke arahnya, baru aku mau protes tapi bel masuk sudah berbunyi nyaring memekakkan telinga.
“ masih ngantuk ya Sai … kenapa gak bisa tidur … “ putra masih bertanya lagi.
“ udah jangan tanya melulu ... kepalaku pusing … “ aku lalu berlalu masuk kedalam kelas, sementara Putra mengikutiku dari belakang.
Suara kelas langsung riuh .
“ kenapa sih … heboh banget … “ tanyaku pada Vidia, yang kebetulan duduk di bangku paling depan.
“ hm … gara gara kamu ma Putra, Fha ... “ jawabnya, dahiku berkerut. Masa udah tau sih … cepet banget.
“ Emangnya aku sama Putra ngapain … Cuma ketemu didepan kelas tadi kok seheboh ini … “
“ halah … baru jadian aja malu malu … “ suara Adhi tiba tiba menyeruak. Kaget sekali aku mendengarnya, bahkan aku belum menjawab omongan Putra kemarin karna belum yakin dengan yang diucapkan cowok itu.
“ siapa yang jadian … gak pernah tuh … “
“ nah kemarin ... jalan jalan berdua ke taman kota … aku liat loh ... kebetulan aku kemarin kesana juga … apa namanya kalo bukan date pagi pagi … hehehehe … “
“ apaan … kemarin Cuma ke taman kota doang itupun gak berdua sama temen temennya yang lain … tapi emang mencar sih … udah ah ... males juga ngebahas ginian … “
Aku terbelalak begitu disamping bangkuku, Putra sudah bertengger disana, duduk dengan santainya sambil membaca komk, komik apaan juga aku gak tau deh.
“ ngapain kamu duduk disini Put, Indah mana … ?? “ tanyaku lalu melihat sekeliling mencari Indah, ya ampun, Indah duduk dengan Sani, dibelakangku.
“ Ya gak papa pengen duduk disini aja … boleh ya … ??” ucapnya dengan sungguh memelas. Kasian. Maksudku pada Indah yang harus pindah, dan kasian pada diriku sendiri karena harus melewati 8 jam pelajaran bersamanya, bisa bisa pulang pulang aku masuk rumah sakit dengan diagnosa yang sama, penyakit jantung stadium akut, karena berdetak diluar batas.
Aku bisa apa, meski aku nolak, toh Putra akan tetap duduk disitu, tidak akan mau pindah. Aku lalu duduk, lesu sekali, sudah dari rumah tidak semngat, ditambah kejadian barusan, bertambah TIDAK SEMANGAT.
******
Dan lebih sial lagi, hari ini ada pelajaran kesenian, bukan karena gurunya killer atau pelajarannya yang kurang menyenangkan, kesenian adalah pelajaran yang banyak disukai oleh semua siswa di sekolah ini. Tapi khusus hari ini, aku sangat membenci pelajaran itu, khusus hari ini. Karena pelajaran itu membuatku bertambah malu pada teman – temanku di kelas. Tahu kenapa … ??
Aku harus bernyanyi dengan Putra. Oh No … !!!! aku gak percaya itu ... sedikitpun aku gak pernah ngebanyangin hal ini. God, help me please …
Itu terjadi karena Putra yang menawarkan diri pada guruku.
“ Hm ... Fhatus biar sama saya aja pak ... nyanyi berdua gitu ... kan kita peserta terakhir … “ ucapnya kala itu. Dan sekali lagi aku merutuki nasibku. Kenapa absenku harus berada setelah absennya Putra. Sebenarnya tidak masalah, tapi karena Pak Tondo, guru kesenianku itu memanggil siswanya untuk maju kedepan dengan urutan absen seperti ini, no. 1 kemudian no. 44 absen terakhir, setelah itu no. 2 kemudian no. 43, lalu no. 3 kemudian no. 42 begitu seterusnya dan secara otomatis bertumpu pada nomor absenku 23 dan Putra 22. Benar benar membuatku harus menjadi bahan tontonan.
Aku mempunyai demam  panggung jika tidak siap diri. Hasilnya, ini menurut pengamatan Indah saat aku bernyanyi dengan Putra, mukaku merah total seperti kepiting yang baru saja diangkat dari rebusan di panci dan gak konsen nyanyi. Hasilnya juga amburadul. Belum lagi teman – temanku yang mengabadikan dengan memotretku dan Putra saat bernyanyi. Aku malu total, dan gak berani bercakap sedikitpun dengan teman temanku kecuali mereka yang mengawali pembicaraan. Hari ini adalah hari tersialku. Putra memang bisa bersikap tenang tenang saja, tetapi aku seperti dibombardir oleh Amerika, kacau sekali.
*****
“ Lihat deh muka kamu sekarang sai … lucu banget ... kamu pasti ketawa kalau kamu liat muka mu sekarang … hahahaha … “ Putra masih terus saja menertawaiku sampai kami pulang sekolah dan sekarang sedang duduk duduk di tangga sambil makan dan melihat anak anak lain bermain basket.
Aku hanya meliriknya tajam. Tidak sadar apa jika ini semua akibat dari ulahnya itu. Sadar aku menatapnya seperti itu, Putra langsung diam, menghentikan tawanya.
“ Yaelah … gitu aja ngambek sih … “ ucapnya.
“ siapa yang ngambek … enggak kok … kamu aja yang ngerasa gitu …. Aku sih biasa – biasa aja … “
“ tuh kan … ngomongnya aja udah gitu … pasti ngambek itu … “
“ sok tau … “ aku lalu berdiri, bersiap pulang kerumah karena sudah siang. Tapi Putra mencegahku.
“ Eh mau kemana … ?? “ tanyanya.
“ Pulang … “
“ Kok pulang … sendirian … tadi kuliat Ratna udah pulang ma Wiwin ... terus Indah pulang ma sepupunya yang kelas sebelah … Kamu … ?? “
“ ya pulang sendiri … “
“ Gak bawa sepeda kan … ?? “
“ Iya … kenepa emangnya … “ deg. Sepertinya aku akan mendapat masalah sekaligus berkah lagi.
“ Pulang bareng aku aja ya … aku kebetulan gak bawa sepeda nih … “
“ Putra … rumahku sama rumahmu itu dari barat ke timur ... jauh banget tau … “
“ ya gak papa sayang … aku gak keberatan … ‘ ucapnya. Iya, tapi aku yang keberatan. Ngerti gak sih.
“ Aku gak jalan kok … aku naik angkot … soalnya aku mau ke rumahnya sodaraku … “
“ Rumahnya saudaramu dimana … susah banget ya ngajak kamu pulang bareng … “
“ Di daerah Molin ... kenapa emangnya … “
“ Bagus … sekarang kamu gak bisa nolak lagi dengan sejuta alasan itu … “
“ Maksudnya … “
“ Daerah rumah saudaramu itu searah ma rumahku … aku anter kamu ya … sekalian aku pulang … “ ucapnya penuh dengan kemenangan. Oh God, kapan ini akan berakhir, hari ini benar – benar hari tersialku. Tersial. Oke, Aku benci hari Rabu. Titik !.*****
PART VII
  Is A Date … ?? “
Dan Putra benar – benar mengantarku kerumah saudara sepupuku. Sepanjang di angkot, dia terus mengoceh meskipun aku tak menghiraukannya barang sedetikpun.
“ Ini rumahnya sepupu kamu … ?? “ tanyanya ketika kami sampai dirumah sepupuku.
“ Yaiyalah … masa iya aku dirumah kamu sekarang … “ ucapku ketus. Udah tau nanya.
“ duileeee … jutek amat sih non … “ ucapnya. Aku lalu menatapnya, sejenak.
“ trus ngapain kamu masih disini, Put … tadi kan kamu Cuma bilang kalo mau nganterin aku aja kan … sekarang aku udah sampe … jadi sekarang mendingan kamu pulang … udah sore … orang tua kamu nanti nyariin … “ ucapku. Berharap bisa mengusirnya kali ini. Putra hanya tertawa kecil.
“ getol banget sih kamu kayaknya ngusir aku … ya aku mau mastiin kamu benar – benar nyampe kerumah sepupu kamu … “
“ ini udah kompleksnya, Put ... tinggal lurus … tuh yang pagar ijo … rumahnya sepupuku ... udah mendingan kamu pulang gih ... kasihan orang tua kamu nungguin anak cowoknya gak pulang – pulang … “ ucapku lagi. Harus dengan cara apalagi supaya dia mau pulang.
Putra malah langsung menggandengku dan berjalan menuju kerumah sepupuku yang letaknya tak jauh dari tempat kami mengobrol barusan. Rupanya dia benar – benar mau mengerjaiku total hari ini. Sial. Pasti dia mau bertamu juga sekalian. Arrgghh .
Di teras, sepupuku yang laki – laki, umurnya hanya bertaut 4 tahun dengan umurku, well dia sekarang sedang berusaha menyelesaikan pendidikannya di sebuah SMA Favorit di Surabaya. Namanya Reza. Dia tampak heran melihatku datang bersama seseorang, terlebih seorang cowok.
“ Assalamualaikum … “ sapaku, meski rasanya aku malas sekali.
“ Eh lo Fha … ama siapa tuh … cowok baru ya … cie cie cie … gaya lo ... masih SMP juga udah punya cowok … “ dan ini sikap dari Reza yang paling tidak ku suka, sering mengejekku jika berhubungan dengan couple.
“ jangan asal ngomong lo … dia Cuma temen gue … “ ucapku. Putra hanya cengar cengir saja dari tadi. Kulihat dia sangat cocok dengan Reza, sama sama jail dan suka mengganggunya.
“ tante ma om mana … kok gak keliatan … ?? tanyaku sambil duduk dikursi teras sebelah Reza, Putra hanya mengikutiku saja.
“ Hm … mereka keluar kota … lo jadi nginep disini … katanya tadi Bokap lo bilang nitipin lo disini karena dirumah gak ada orang … “
“ Iya … gue nginep disini … nanti ikut gue kerumah dulu … gue gak bawa baju ganti ma pelajaran buat besok di sekolah … gue masuk dulu … mau ambil minum … haus … “ Aku berdiri, kutolehkan wahku pada Putra. “ Lo mau minum juga … ?? “ tawarku.
“ Iya deh … aku juga haus …. “ jawabnya. aku lalu pergi kedalam rumah, dan kudengar mereka sedang mengobrol sesuatu, dan firasatku mengatakan, apa yang mereka obrolkan tidak jauh – jauh dariku.
Aku lalu membuat sirop saja, ku buat tiga sekalian, untukku, untuk Putra dan kak Reza lalu kubawa keteras.
“ Tumben banget lo buatin gue minum … “ tanya Reza heran
“ sekalian … “
“ jadi ini bener cowok lo … “
“ Kata siapa … dia bukan cowok gue … temen sekelas doang … kebetulan aja rumahnya di ujung tuh … kata dia sih begitu ... tau deh kalo bo’ong … “
“ kalo bo’ong berarti dia mau nganterin lo, bego … “
“ ih ... apaan sih lo ... gitu aja diributin ... stop it ... gue gak mau ngebahas ini lagi … disekolah tadi gue udah cukup ngerasa bete banget dan jangan ditambah lagi… “
Putra yang melihat adu mulut kami hanya tertawa kecil. Lucu apanya sih.
“ ngapain lo ketawa ketawa ... gak ada yang lucu tau … “ tanyaku ketus.
“ ngelilat kalian berantem ituloh yang bikin ketawa … hahaha … emang kamu sering ya dijailin gini … emang kamu paling enak dijailin kok Fha … karena kalo kamu lagi marah – marah … bukan malah serem … tapi malah bikin ketawa orang yang ngeliatnya … bersyukur kamu punya face yang gitu … sebenernya marah ... tapi tampangnya kayak bercanda … hahaha … “
“ Iya … cowok lo bener tuh … “
“ diem lo … dia bukan cowok gue Kak … “
“ Ya terserah deh … gue mau pergi dulu bentar … kerumahnya Raymond ngerjain tugas sekolah … nanti lo telfon gue aja kalo mau ambil baju ke rumah lo …  oke … “ aku mengangguk. “ yaudah gue berangkat dulu … Putra ... gue pergi dulu … jangan lama – lama … nanti muka konyolnya dia kalo udah berubah jadi monster kumat bisa bahaya … “ ucapnya pada Putra. Aku melotot ke arahnya.
“ Kak Rezaaa …. Udah cepet pergi … eneg gue liat lo … “
“ Iya iya gue pergi … gue juga gak mau kali jadi obat nyamuk disini … hahahaha … “ ucapnya sambil mengacak acak rambutku. Aku kembali melototinya, sementara Reza tetap tertawa dan Putra malah ikut – ikutan tertawa.
“ kenapa sih kamu … ketawa – ketawa terus dari tadi … tanda – tanda gila ya … “
“ Iya emang aku gila … karna kamu … abis dari tadi yang ngebuat aku ketawa terus kan kamu … hahaha … “ dia tertawa lagi. Diluar dia yang mengejekku atau lainnya, dia sungguh manis dengan tawa khasnya itu. Aku menatapnya. Melihat tawanya dan mencoba masuk kedalam alam tawanya. Perlahan aku mengerti bukan tawa ejekan yang sedang ia praktekkan, tapi sesuatu yang lain, yang sudah lama ia rindukan.
“ Kenapa ngeliat aku kayak gitu sayang … “ tanyanya, membuat tatapanku buyar saat itu juga.
“ Gak papa … “
“ Maaf kalo tadi aku bikin kamu malu dikelas … aku seneng banget tadi nyanyi bareng kamu … hehehe … kalo ada kegiatan apapun dan aku sama kamu … pasti aku tenang banget … “
“ Iya karena kamu gak harus kerja ekstra … “
“ hahaha … sebagian kecil memang itu … tapi sebagian besar karena aku emang suka kalo ngelakuin kegiatan apapun di sekolah sama kamu … “
Well… aku rasa dia, lagi – lagi hanya bercanda dan berusaha membuat kepalaku sebesar balon udara.
Dan akhirnya daripada nganggur, aku dan Putra mengerjakan PR Matematika hari ini yang dikumpulin besok. Dan tumben juga Putra serius sekali mengerjakan soal – soal itu. Alhasil, Putra harus pulang sore hari.
“ Gak mandi dulu Put … bau tau … “
“ alah ... dirumah nanti kan bisa … rumahku deket dari sini … kapan kapan kalo kamu main kesini bilang – bilang aku … “
“ Ngapain laporan ma kamu … “
“ Ya ... aku main lah kesini … “ jawabnya polos. Aku hanya tertawa kecil.
Aku datang untuk mencintaimu … memberikan hal yang terindah …
Ringtone hpku berbunyi, ketauhan deh fans ungu banget. Dari Kak Reza.
“ Halo … “
“ Halo, Fha … eh gue gak bisa nganter lo sekarang nih … tugas gue ternyata banyak banget … besok sekalian ya ... pagi – pagi banget gue anter ke rumah … sementara lo pake bajunya Rena aja … “ Rena adalah kakak Reza, dia sekarang udah nikah dan ikut suaminya, tapi sebagian bajunya masih ada di rumah ini.
“ Yaelah kak … ya udah deh … “ ucapku lemas.
Tut. Tut. Tut. Telfon ditutp.
“ Kenapa … “ tanya Putra begitu melihat tampangku yang lusu.
“ Kak Reza gak bisa nganter kerumah … dia lagi banyak tugas katanya … “
“ Hm … gitu ya … gini aja deh … aku ambil sepeda dulu dirumah … kamu tunggu bentar setengah jam lagi aku balik … soalnya aku mau mandi dulu … oke … gimana … aku anter kamu kerumah ambil baju ma perlengkapan lainnya … tawaranku tidak berlaku dua kali loh … ?? “ lgi – lagi jailnya muncul.
“ Iya deh … “
“ Ya udah ... aku balik dulu … dagh cinta …“ pamitnya. Aku hanya tersenyum kecil. Putra berlalu, aku langsung bergegas kedalam dan mandi.
*****
Putra datang tepat waktu. Rapi sekali anak itu, aku sampai tertawa geli melihat penampilannya.
“ rapi amat Put … mau kemana emangnya … ?? “
“ Mau ketemu kamu lah … “
“ Hahaha … mau ketemu aku kok kayak mau ke kawinan gitu … “
“ Ya gak papa … sekali kali … biar kamu gak liat aku yang cuek ma penampilan terus … kalo pake seragam kan aku gak rapi … kali ini bolehlah rapi dikit … “ jelasnya. Aku masih tertawa geli. Tapi diluar itu semua, Putra terlihat rapih dan lebih ganteng hari ini. Hihihi. Aku saja hanya mengenakan baju casual plus celana pendek selutut dan flat shoes favoritku.
“ Ya udah berangkat sekarang … ?? “
“ Kalau mau tahun depan … gak papa …  aku masih sanggup nungguin … “ mendengarnya, tawaku langsung pecah. “ Ngapain ketawa … “
“ Ya gak papa … masa ketawa gak boleh sih … “ Aku pura – pura ngambek.
“ Ih … gitu aja ngambek … ya udah naik gih … entar kemaleman lagi, gak enak kan pulang malem – malem, aku sih gak papa ... kamunya nanti yang bermasalah … “
Aku lalu naik motor Putra. Anak ini belum punya SIM, berani mengendarai motor dijalan raya.
“ Pegangan ya … nanti kalau jatuh aku gak mau tanggung jawab … “
“ dan kalau kamu berani tiba tiba ngebut awas aja … aku bakal langsung lompat dari motor … “ ancamku. Putra malah tertawa geli.
“ Yakin gak takut loncat dari motor … “ ejeknya. Aku hanya diam. Putra pun menghidupkan motornya dan melaju menyusuri jalanan sore itu yang sangat macet sekali. Jelas saja, waktunya pulang kantor, tidak kaget jalan akan macet sore sore begini.
Sampainya dirumahku, Putra tak ikut kedalam, alasannya sih tidak enak dengan tetanggaku. Heuh, tapi akhirnya juga dia menguntitiku. Dasar.
“ emang mau nginep berapa hari sih … ?? “ tanya Putra yang saat itu sambil bermain dengan anak kecil diluar rumah.
“ mungkin 3 sampe 4 hari, Put … soalnya ayahku lumayan lama keluar kotanya … gak tau tuh ngurusin apaan … “
“ berarti bisa sering – sering ke rumahnya sepupumu ya … hehehehe … “
“ Yeee … dasar … “ ucapku sambil melemparkan kain ke arah wajahnya, entah kain apa yang ku lemparkan ke dia, mungkin sapu tangan.
“ Anak ini lucu Sai … enak diajak main … kamu pasti kepala genk nya deh … hahahaha … dari tadi dia liatin kamu terus soalnya … apalagi sambil nanya – naya ke aku gini … mas pacarnya mbak Fhatus ya … hahaha … kecil kecil ternyata sudah tau urusan anak dewasa … “
“ Sudah jangan banyak bicara … omongan kamu itu kayak udah umur aja … gak sadar ya kalau kamu masih anak kecil … “
“ aku kan udah gede … buktinya aku udah bisa suka ma cewek … berarti aku udah gede … itu kata ibuku loh … dulu waktu kecil dia bilang … Putra kalau masih kecil gak boleh naksir cewek … kalo udah gede baru boleh … gitu katanya … “ Putra mengucapkannya dengan mimik wajah yang benar benar membuatku geli.
“huuuh … sok tua kamu … Put … “ aku lalu mengunci pintu rumah. “ Emang siapa yang kamu taksir … “ entah kenapa, aku malah melontarkan pertanyaan itu.
“ Kamu … “ jawaban itu terdengar spontan, datar. Aku tidak menggubris. Anak ini, bercanda melulu kerjaannya.
  lelucon kamu gak lucu … “
  terserah … “
“ mbak mau kemana lagi … ?? “ tanya Diva, anak tetanggaku yang sedari tadi bermain – main dengan Putra.
“ Mau kerumahnya sodara … 3 hari nanti kamu gak ketemu mbak loh … kangen lagi entar … “
“ aku ikut … “
“ gak boleh Diva … nanti dimarahin ma Ibu kamu … “
Diva langsung merengut.
“ Nih … kakak punya permen  … kak Fhatus pasti balik kok … tenang aja … “ Putra lalu memberikan dua permen lolipop. Entah dimana ia membeli permen itu. Lalu mengusap – usap rambut Diva.
  bilang apa Div … “
 Makasih … pacar barunya mbak baik … “
“ Kamu itu kalau dikasih aja baru bilang baik … “ protesku.
“ tuh liat … kakakmu iri karena gak dikasih permen … udah gih cepet bawa pulang … nanti direbut loh sama kak Fhatus …” ucap Putra. Diva langsung percaya begitu saja. Ia lalu pergi pulang kerumahnya yang berada disebelah rumahku.
“ manjur banget Put, biasanya dia bakal gak mau dibujuk … “
“ baru tau ya … aku ini bakat ngerayu … “
“ oh iya aku sampe lupa … bakat kamu kayaknya juga berlaku ke anak kecil … gak hanya cewek doang … “
“ tapi Cuma kamu yang masih gak mempan … “
“ Ah ... udah deh ... jangan mulai lagi …”
“ aku tunggu di depan ya … sini tasnya aku bawain … “ Putra langsungs aja merebut tasku, aku tidak sempat untuk mencegahnya. Karena begitu berhasil merebut tasku, ia langsung pergi ke luar. Aku lalu pamit dengan Ibunya Diva sekalian nitip rumah. Jelek jelek begini, kan tetap rumahku, kalau gak disini, aku mau tinggal dimana lagi.
Selesainya pamit, aku langsung pergi, Putra sudah menunggu didepan jalan, sambil meringkuk di setir motornya dan menghadap jalanan rumahku. Begitu melihat aku berjalan kearahnya, dan sepertinya dia memang melihat, bukan karena aku GR.
“ Kita jalan – jalan bentar ya … lagian sepupu kamu itu kan lama katanya … daripada kamu nunggu dirumah sendirian mending jalan – jalan … kita ngedate … hahaha … “ ucap Putra. Aku langsung melotot mendengarnya, kaget juga tak percaya. DATE … ??
“ Hm…. ?? “
“ gak boleh nolak … mumpung ada kesempatan ini … titik … ayo naik biar gak malem malem pulangnya … besok kan masih harus sekolah … “ dan pada akhirnya aku jalan jalan dengan Putra, yang disebut olehnya NGEDATE. Is a date …. ?? I don’t know .
Putra membawaku disalah satu sudut taman kota, nama tempatnya saja aku tidak tau, dan tidak berani bertanya, mulutku sudah terkunci dari tadi. Sepertinya sedang ada event disini, tamannya rame banget, belum lagi suara speakernya yang membuat telingaku pekak.
“ ada konser ya, Put , … kenapa bawa aku kesini … “
“ little concert sih … Cuma event radio … paling Cuma band indi doang … aku ngajak kamu kesini bukan untuk jingkarak jingkrak liat band indi … tapi jalan jalan … oke … tadinya mau aku ajak nonton … tapi pas aku reservasi tiket lewat telfon tadi … udah kehabisan … “
“ kita beneran jalan – jalan ini …”
“ loh ya iya … Date buat kita … hahaha … udah ah … “ ucap Putra. Ia tak sadar, ucapannya membuat mukaku merah total. Untung dia gak melihat aku.
“ mukanya jangan merah gitu dong … “ ucapnya lagi. Dia tau. Putra lalu menggandeng tanganku menikmati ramainya acara radio ditaman itu.
Jujur, aku sangat menikmatinya, berjalan bersama Putra benar benar memberiku rasa senang, beda dengan yang disekolah tadi, mungkin karena kali ini  aku hanya dengannya saja, tanpa orang lain. Jalan – jalan, dan kali ini Putra membelikanku Konillo.
Hari sudah larut, Putra lalu mengantarku kerumah Kak Reza. Sampainya dirumah Kak Reza, Putra lalu pamit pada tante dan om ku juga Reza sendiri.
“ Sering – sering aja lo kesini Put … “ ucap Kak Reza kala itu.
“ Siip … selama dia disini … mudah mudahan gue bisa kesini terus … “
“ yasudah Fha … kamu masuk gih … tidur ... pasti capek habis jalan – jalan sama pacarnya … besok kan harus sekolah sayang … “ ucap tanteku. Aku pun lalu masuk kekamarku.
Kali ini ini aku bisa memastikan, kata – kataku tadi siang aku cabut kembali. Aku suka hari Rabu J. Terima kasih Putra atas semuanya yang kamu kasih hari ini.
Drrrrrtt drrrrrrtt dddrrrrrtt ddrrrrrttt hpku bergetar. Ada sms. Dari Putra.
Udah cepetan tidur … jangan sampe besok kesiangan lagi loh … nice dreams dear … J
Aku jadi senyum senyum sendiri membaca sms dari Putra. Aku lalu mengetik sms balasan untuknya.
Iya iya … sebentar lagi aku tidur … aku juga ngantuk sekali …
Message sent, delivery report. Delivered to Putra.
Beberapa detik kemudian, sms balasan dari Putra masuk
Jangan lupa berdoa, nice dream … J
Kuketik lagi sms balasan untuk Putra, kali ini yang terakhir, mataku sudah ngantuk berat.
Iya … nice dreams too …
Kutaruh hp ku didekat bantal, ku silent dan aku terlelap. Selamat tidur.
*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger