Juni 09, 2011

SATU NAMA PART XII “ Nothing Else I Can’t Say “


Jam weker ku kali ini kalah langkah, aku bangun tidur setengah jam lebih cepat dari lengkingannya, jam 5 lebih 15 menit aku sudah siap dengan seragam yang melekat pada tubuhku. Sejenak menatap bayanganku sendiri di cermin yang ada didepanku, heran sendiri, pagi sekali aku bangun tidur, jam 4 subuh, prestasi yang sangat bagus dalam sejarah bangun tidurku yang tidak pernah bangun sebelum jam 5 pagi. Keren.
“ gila … jam segini aku udah siap berangkat sekolah … perasaan kemaren aku tidurnya jam 11 malem deh … apa jamku kali yang mati ya … “ aku lalu keluar kamar dan menuju ke dapur, mau ambil sarapan. Aku berpapasan dengan Reza yang sepertinya barusan mandi.
“ duileeee … jam segini udah siap sekolah … ada acara apaan emangnya … kerja bakti … ?? “
“ sialan … gak tau … gue aja juga heran sendiri … “
“ mau berangkat bareng tuh cowok lagi … siapa tuh namanya … hm … Putra kalo gak salah namanya … iya kan … gaya lo … baru SMP udah pacaran … “
“ eh siapa yang pacaran … lagian kalo emang gue pacaran juga suka suka gue kan … “
“ iya iya … gak usah sewot gitu kali … “
“ lagian lo juga … pagi pagi dah ngerusak mood orang … “
“ iya iya … lo mau ngapain kesini … “
“ makan … masa iya gue ke dapur mau nyuci baju … “ jawabku asal, tawa Reza pecah saat itu juga.
“ selera humor lo itu gak ilang ilang juga ya … persis bokap lo … ngebanyol melulu … “
“ lo kira gue pelawak … udah cepet ganti baju sana … biar gak telat ntar … “
“ tadi katanya mau bareng tuh cowok … “
“ kagak … gue gak bilang gitu … lo kan yang bilang  … bukan gue … “
Reza bungkam, memang dia yang mengatakan hal itu, debat kali ini ia kalah lagi. Saudara sepupunya ini memang Ratu Ngeyel, baru sadar dia. Gemas juga melihat saudaranya ini selalu menang dari dia.
Aku lalu membuka tudung nasi yang ada dimeja makan, beberapa iris roti, selai coklat dan kaleng susu sudah tersedia disana, Ibu Reza yang menyiapkan karena beliau harus berangkat keluar kota lagi hari ini, beliau tak sempat untuk berpamitan pada kedua anak yang ada dirumah itu, cukup dengan menuliskan memo yang ia selipkan di tudung nasi di meja makan.
“ apa kata memo nyokap gue “ tau tau Reza sudah duduk didepannya. Lewat dari mana dia kok sampai aku gak sadar dia lewat.
“ katanya dia ada urusan mendadak ... perginya juga tengah malem tadi … mau pamit tapi gak tega bangunin kita …terus katanya juga kayaknya gue harus lebih lama tinggal disini … bokap gue kayaknya lebih lama dikampung halaman ngurusin bareng nyokap lo … “
“ oooh … bagus dong … gue jadi ada temen disini … dan lo gak sendirian dirumah … “ aku tak mengacuhkan ucapan Reza, sibuk dengan hp dan roti yang kumakan.
*****
“ Diantar Reza lagi … lama – lama si Reza bikin aku cemburu juga loh … “ sapa Putra begitu aku sampai di gerbang sekolah, Putra duduk di kursi Pak Satpam.
“ Idiiihh … apaan sih Put … gak penting banget deh yang kamu omongin … “
“ Hmmm … oke … ke kelas yuk … aku udah nungguin lumayan  lama tadi … aku kirain kamu datangnya pagi … eh malah nyaris bel gini … ‘
“ hahaha … kamu nungguin aku datang dari tadi Put … ya ampun ... tau gitu aku pasti berangkat pagi … salah sendiri gak sms aku … “
“ iya sayang ... aku nungguin tau dari tadi … Pak Satpam sampe 2 kali bolak balik kantor kamu juga belum datang … “
“ aaahh... sudahlah … kita kekelas aja … “
“ PR Matematikanya udah belum … ?? “ tanyanya.
“ Oooh … jadi nungguin aku karena PR matematika … “
“ ya enggak tapi sekalian aja ditanyain gitu … “
“ Udah … mau nyontek lagi … kebiasaan kamu Put …“
“ hehehehe … abis … tiap pulang sekolah kamu aku ajakin belajar bareng gak mau … “
“ ya udah nanti abis bel pulang sekolah ke perpus sambil ngerjain tugas bahasa Indonesia kemaren … kamu juga kenapa minta sekelompok ma aku … “
“ Loh kok Bahasa sih … Matematika sayang … “
“ ya sekalian … abis ngerjain Bahasa terus belajar Matematika … lagian kamu ... belajar Matematika sama aku ... sama Ratna sana ... dia jago atau sama Indah … Aku mah ginian juga 11-12 … sam agak bisanya
“ kalo belajarnya sama kamu kan beda ama mereka … “
“ ya jelas beda ... mereka bisa aku masih setengah setengah … gimana sih Put … kalo minta ajarin itu jangan nanggung sama yang ahli sekalian “
“ Aduuuuhh ... bukan itu … gemes juga nih lama lama … ngertinya kamu susaaaaaaaah banget … pokoknya aku pengen belajar ma kamu … TITIK … “ ucapnya. Terdengar egois. Baru aku membuka mulut untuk protes “ Eh … kagak boleh protes … “ dan aku tidak jadi melakukan protesku.
“ aduuuuhh … pagi pagi dah mesra … bikin iri tau … hahaha … “ sapa Ratna yang membuatku benar benar malu.
“ apaan sih ... udah deh jangan mulai … “ aku menoleh kanan kiri “ Indah belum dateng … ?? “ tanyaku.
“ Udah … tapi lagi ke toilet … “
“ tasnya dibawa juga … kok gak ada … “
“ tasnya kan ada disebelah bangkunya Sanie sayang … tuh liat … “ Putra malah yang menjawab pertanyaanku. Aku lalu menengok ke bangkunya Sanie. Ya ampun.
“ ngapain Indah duduk disitu … gak bisa … apa apaan sih ini … “ mendadak aku jadi tidak terima Indah begitu saja pindah duduk tanpa ngomong padaku.
“ Indah pindah … aku duduk disini … “ ucap Putra lagi, memperjelas apa maksud semua ini.
“ GAK BISA … enak aja … kamu yang nyuruh dia … ??
“ iya … kenapa sih emangnya … “
“ maksud kamu itu apa sih … Indah pake disuruh pindah segala … “ aku lalu mengambil tasnya Indah dan menaruhnya di sebelah bangkuku. “ Indah duduk disini … TITIK … dan GAK BOLEH ADA YANG PROTES … !!! “
“ ya udah kalau gak mau duduk ma aku gak papa … “
“ ada apaan nih ribut – ribut ?? “
“ Ehh ... gak papa Ndah ... kamu gak usah pindah ya … duduk ma aku … “
“ tapi katanya … “
“ kalau kamu diminta pindah sampe sama tas segala kamu  jangan mau … “
“ oke … !!! “ senyum kemenangan tersungging di bibir Indah, kali ini kalau dia diancam dengan Putra tak akan takut lagi, sang target sudah memberikannya wewenang untuk menolak. Indah melirik Putra, cowok itu dongkol setengah mati.
*****
Setelah bel pulang sekolah aku langsung ke bangku Putra, hanya berbalik badan dari bangkuku sendiri.
“ jadi kan … ?? ngerjain bahasa sambil belajar matematika … ?? “
“ oh … aku kirain setelah kejadian tadi pagi … belajarnya gak jadi … “ Putra mengambek, lagi.
“ duileeee … ngambek sekarang … ?? “
“ cie cie cie ... kayak cewek aja Put, ngambekan … hahaha … ya udah Tus … aku pulang dulu … “ Indah pamit duluan.
“ Iyalah … siapa yang gak bakal marah kalau ngalamin kayak tadi … “
“ ya udah Ndah  pulang dulu sana … ati ati ya … “ setelah Indah pergi dari kelas, aku kembali mengalihkan perhatianku pada Putra. “ kok ngambek gitu sih … “ ucapku dengan sedikit, manja. Putra lalu mendongak. Aku lalu tersenyum melihatnya. Sungguh muka konyolnya saat ngambek membuatku ingin tertawa.
“ ya sekarang udah gak ngambek lagi … kamu sih bikin aku bisa maafin dengan gampang … “
“ hahaha … ya iya dong … mending sekarang kita keluar … anak kelas satu mau pake ini kelas … kasian mereka nungguin kita keluar … tuh liat … “ Putra lalu melihat keluar, anak kelas satu sudah pada berdiri menunggu kami keluar, sebenarnya mau masuk juga gak papa, tapi sepertinya mereka takut untuk masuk.
“ masuk aja kalian … gak papa kok … kita juga mau keluar … “ ucap Putra dengan sedikit berteriak supaya mereka yang ada diluar mendengarnya.
“ ya udah kita keluar aja … kasian, mereka gak bakalan masuk kalau kita gak keluar dari sini … jam pertama Pak Polim Loh … “
“ sorry ya … hehehehe … “ Putra berkata kepada anak kelas satu yang kami lewati dikoridor kelas.
“ ah … kakak ini … kalau pacaran jangan dikelas dong ... kami kan banyak PR … “
“ salah sendiri … kenapa tadi gak masuk … “
“ Putra udah deh … gitu aja ribut … “
“ iya iya … mereka tuh … tadi udah ku bilang sorry eh malah tanggapannya kayak gitu … “ ucapnya tetap keukeuh. Aku hanya menggeleng kepala saja. Putra ini, ngalah dikit aja gak bisa.
“ Yaudah langsung ke perpus aja … ntar biar gak kesorean pulang ke rumah … “
“ makan dulu ya saii … “ pintanya.
“ enggak … kamu kalau makan dulu pasti nanti bawaannya malas … nanti makan abis belajar … minum aja sekarang gak papa … “ ucapku, ia lalu merengut kesal. “ masih mau belajar atau pulang sekarang … “ tanyaku. Putra lalu diam sesaat.
“ ya belajar dong … masa mau pulang … beli es dulu ya … haus nih … “ pintanya. Aku mengangguk senyum.
Sementara Putra kekantin, aku menunggunya di Perpustakaan.
“ lagi nunggu siapa sih Fha … serius amat … bianya kamu tinggal dulu baca novel atau apa … “ tanya Mbak Dian yang kebetulan sedang merapikan buku – buku di etalase perpus.
“ nunggu Putra nih katanya mau beli es dikantin lama bener … emang belinya di Jepang … “ jawabku. Mbak Dian terkikik. “ nyindir nih … “
“ enggak … mbak bilangin … tapi jangan marah loh … ntar mbak dikira tukang ngadu lagi … “
“ apaan sih … udah ngomong aja ... udah hampir dua jam ini aku nungguin … capek tau … “
“ tadi sih mbak liat dia lagi ngobrol ama cewek … diluar gerbang ... kayaknya sih anak sekolah sebelah … “ ucap mbak Dian. Telingaku langsung panas, aku nungguin hampir sejam disini, eh dia malah enak enakan ngobrol diluar. Aku marah. Kuambil handphone yang ada ditasku, lalu mencari cari kontak Reza.
“ Za … lo dimana … kebetulan kalo gitu … jemput gue … “ klik. Telfon langsung kuputus, supaya Reza tidak ada alasan untuk menolak. Aku lalu mengambil tas dan beberapa buku referensi untuk tugas bahasa. “ mbak aku pulang dulu ya … “
“ loh ... katanya mau nungguin … kok malah pulang … “
“ hm … udah dijemput … nanti kalau dia kesini …. Bilang aku udah pulang … “aku lalu ngeloyor begitu mbak Dian sudah mengentry buku yang ku pinjam.
Didepan gerbang aku juga masih melihat Putra yang sepertinya masih asyik mengobrol dengan temannya itu, benar – benar kurang ajar dia, aku menunggunya malah dia yang tidak punya kesadaran sedang ditunggu, kalau tidak penting sih gak papa, tapi ini mengerjakan tugas bahasa yang mesti dikumpulin besok lusa. Keterlaluan.
Motor Reza berhenti persis didepanku, aku langsung naik. Baru saja aku akan memintanya untuk tidak menyapa Putra, tapi terlambat.
“ Wooi … Putra … “ panggilnya dengan suara agak keras, memastikan agar suaranya terdengar diantara kerumunan siswa yang lalu lalang pulang sekolah. Putra menoleh dan sepertinya baru sadar akan janjinya padaku yang hanya keluar sebentar untuk membeli minum, ketika melihatku, ia langsung menepuk jidatnya. “ Pulang dulu … jangan lupa mampir kerumah ya … “ lanjut Reza lagi.
“ Aduuuh udah deh … cepetan pergi … panas tau … “
“ Panas … ?? lo ngantuk … mendung begini dibilang panas, kalau dingin gue percaya … kalau panas enggak …  iya  berangkat sekarang … lo gak pamit dulu … tumben … “
“ udah buruan … “
“ duluan Put … “ masih saja Reza berpamitan.
Ditengah jalan saat pulang, sepertinya Putra meneleponku, hpku bergetar terus terusan, tandanya ada telfon masuk.
“ Hp lo geter tuh di tas … kayaknya ada telfon … angkat gih …  pantat gue dari tadi geli gara gara hp lo geter … “
“ hahaha … males ngangkat telfon … gue matiin aja … biar pantat lo gak geter geter juga ... hahaha … “ Kuambil Handphone yang ada di dalam tas, Putra yang menelepon, langsung ku reject dan kunon-aktifkan hpku.
Dan sialnya, ditengah jalan juga, aku dan Reza kehujanan. Sial. Hujannya juga deres. Siap – siap untuk terserang flu sepertinya. Karena begitu sampai rumah dan selesai mandi, aku sudah bersin – bersin.
*****
Malamnya, badanku benar – benar demam tak karuan, kepalaku pusing. Ku kuatkan untuk keluar kamar, niatnya ingin mengambil minum di dapur. Tapi sepertinya ada tamu di luar, suara Reza ngobrol keras banget sampai sampai terdengar dari dapur.
“ Aduuuuhhh … lo bisa kecilin suara lo dikit gak sih Za … gue mau tidur … kepala gue pusing banget nih …”. Omelku padanya.
“ eh … udah bangun … nih ... lo dijenguk cowok lo … kasian dia nunggu udah dua jam lebih … gue suruh pulang, gak mau … katanya mau nunggu lo bangun … untung lo udah bangun … kalo bangunnya besok … kan gawat kalo dia sampai nginep disini … “
“ Cowok gue … ?? “ tanyaku heran. Aku lalu menengok ke samping Reza duduk. Putra. Ya ampun, ngapain lagi tuh anak kesini, gak sadar apa dia udah bikin aku kesel. Putra hanya meringis saat aku melihatnya.
“ gue tinggal ke dalem dulu… “ pamit Reza, sialan … aku dikerjain lagi nih. Aku lalu duduk di kursi yang tadi diduduki Reza.
“ kamu sakit … ?? “ tanyanya dengan nada cemas, sedikit menurutku.
“ yang kamu lihat gimana … aku kelihatan sakit enggak … “ ucapku jutek, masih marah soal tadi siang. Ia kemudian mecubit hidupku.
“ jadi ceritanya marah nih … soal tadi aku benar benar minta maaf … hehehe … aku kelupaan … “
“ So … ?? “
“ So kamu harus maafin aku … kamu tau aku dari tadi disini, dua jam lebih … hampir 3 jam … “
“ lagian sepenting itu ya obrolan kamu tadi sampe lupa ma JANJINYA … “ ku pertegas pada kata janji itu, supaya dia sadar telah melakukan kesalahan. Putra malah meringis.
“ iya deh … aku ngaku salah … “
“ emang kamu salah … udah sekarang lebih baik kamu pulang … Kepalaku pusing banget soalnya habis kehujanan tadi … “
“ beneran sakit ya … aku anter kedokter ya … mumpung belum terlalu malem … dokternya belum tutup … “
“ eh eh eh … gak usah … aku paling males kalau disuruh ke dokter … “
“ loh gimana sih … katanya sakit … “
“ iya tapi aku gak mau ke dokter … “
“ terus gimana mau sembuh sayang … “
“ ya beli aja obat pusing di apotik … udah beres … “ aku masih saja mempertahankan ketidakmauanku pergi ke dokter, bukan apa apa, aku hanya takut disuntik, jarum suntik sudah ada dibayanganku meskipun nanti jika kedokter, aku belum tentu akan disuntik.
“ kayaknya kalau maksain ngerjain bahasa sekarang gak mungkin … besok aja ya disekolah ngerjainnya … sepulang sekolah … janji gak bakalan ke kantin lagi … langsung ke perpus … “ ucapnya. Aku hanya mengangguk karena kepalaku sudah pusing, sudah tak sanggup meladeni sikap Putra kali ini. Putra lalu berdiri dan menghampiriku. Telapak tanggannya lalu menyentuh dahiku.
“ panas banget … kamu beneran demam nih kayaknya, kalau sakit besok jangan masuk sekolah, biar besok aku kesini lagi buat ngerjain tugas bahasanya … “ aku hanya mengangguk lagi. “ tadi udah minum obat belum … ?? “ tanyanya. Aku menggeleng. “ kok belum sih … sekarang obatnya mana, biar aku ambilin terus kamu minum, tadi kamu udah makan kan … ?? “ nadanya secemas itu. Sedikit membuat mukaku padam. Putra liat gak ya kalau mukaku sudah seperti kepiting rebus setengah matang.
“ obatnya di samping kulkas yang ada di dapur, disitu ada kotak obat … “
“ ya udah aku ambilin dulu … “. Putra lalu masuk kedalam dan kembali lagi ke teras sambil membawa obat dan segelas air putih.” Minum dulu gih … kalau gak minum, aku gak bakalan pulang … “ ucapnya dengan nada mengancam. Aku menurut saja. Kuambil obat dan gelas air itu lalu kuminum.
“ udah “
“ iya barusan juga kulihat kamu minum obat … sekarang kamu masuk terus tidur, besok kalau masih sakit jangan dipaksain masuk sekolah ya … kamu masuk dulu abis gitu aku pergi … “
“ yang bener itu kamu yang pergi dulu baru aku masuk … “
“ oh gitu ya … ya udah aku pergi dulu ya … “ putra lalu mengambil helmnya. Tapi sedetik kemudian dia seperti ragu untuk pulang.
“ kenapa, Put … ?? “ tanyaku. Putra hanya diam.  “ kenapa … ?? “ tanyaku lagi, kali ini dengan nada yang sangat ingin tahu. Tapi Putra malah mendekatiku, wajahnya mulai mendekatiku  pula, aduh dia mau ngapain ini. Jantungku malah berdebar gak karuan.
“ Putra kamu mau ngapain … ?? “ tanyaku gugup, tapi ia tak menjawab. Dan beberapa detik setelahnya.
Cup. Putra mencium pipi kiriku, lembut sekali, jika dihitung mungkin hanya sekitar 5 detik, tapi meski hanya 5 detik, terasa lama sekali dan sanggup membuat aku menjadi patung. Mukaku kali ini pasti sudah merah padam betulan. Putra malah tersenyum saja melihat tingkahku sekarang. Tapi belum cukup hanya itu, ia lalu memelukku, erat sekali. God, jika ini mimpi, cepat bangunkan aku.
“ istirahat ya … sorry barusan bikin kamu kaget … habisnya aku kebawa suasana dan pengen meluk kamu “ ucapnya yang masih memelukku. Semoga Putra tidak bisa mendengar detak jantungku yang tidak karuan ini. aku hanya diam, lidahku kelu untuk berkata. Tenggorokanku rasanya kering sekali.
Putra lalu melepaskan pelukannya. Tapi kemudian, ia lalu mencium pipi kananku. Kali ini, ciumannya cukup lama, benar – benar lembut, hangat dan terasa tulus. Setelahmelepaskan ciuman itu, ia mengacak – acak rambutku.
“ cepat sembuh ya, soalnya kalau disekolah gak ada kamu gak seru … aku kan sayang kamu jadi aku gak mau kamu sakit apalagi sampai gak masuk sekolah … aku pulang dulu ya … assalamualaikum … “ pamitnya dan tersenyum lagi. Senyum itu, senyum yang sama, senyum yang selalu membuat aku salah tingkah.
“ waalaikum salam … “ hanya kata itu yang mampu keluar dari mulutku. Aku masih mematung. Masih tertegun karena apa yang dilakukan Putra barusan. Mungkin bagi Putra itu hal yang biasa, tetapi bagiku, ini tidak biasa. Putra lalu menaiki motornya dan memakai helm tapi sedetik kemudian membuka kaca helmnya.
“ kalau besok kamu masuk sekolah, sms aku biar aku jemput … “ teriaknya. Aku hanya tersenyum. Putra kemudian berlalu dengan motornya.
“ DOOORRR …” teriak reza sambil menepuk bahuku. Membuatku sangat kaget dan terbangun dari efek keterdiamanku.
“ Rezaa… lo ngaketin aja sih ... kalau gue jantungan gimana … lo mau tanggung jawab … “
“ duuh ... langsung bisa marah marah abis ketemu pangerannya … cieee … emang diapelin apa aja … tadi masih lemes gitu langsung tidur yang ngeluh kepalanya pusing lah inilah itulah … tapi sekarang udah sembuh … good good good …lo kena penyakit fall in love ya … hahaha … “
“ iiihhh Reza lo apa – apaan sih … udah ah gue mau tidur … “
“ Cie cie cie … gue bilangin bokap lo loh ya … om anak om lagi jatuh cinta … “ tetap saja Reza masih memojokkanku. Kesal, aku lempar bantal yang ada di sofa ke mukanya.
“ apaan sih lo … norak tau … “ aku lalu berjalan kekamar, Reza masih saja berkicau, tapi kubiarkan saja, semakin ku gubris, olokannya akan semakin menjadi – jadi.
Tapi tetap saja, kejadian tadi tidak bisa hilang begitu saja dari pikiranku. Masih selalu terngiang – ngiang. Suara kodok hapeku berbunyi, ada sms. Dari Putra.
“ Gimana, udah baikan … ?? “. Kuketik balasna untuknya.
“ lumayan … mungkin besok aku masuk … “ sent. Beberapa detik kemudian, sudah ada balasannya.
“ besok aku jemput, besok aku pake motor …”. hah, pake motor. Putra ini berani banget kesekolah pake motor, SIM aja belum punya.
“ kamu serius … kamu kan belum punya SIM “. Sent success. Balasan sudah datang dalam hitungan kurang dari satu menit.
“ kan aku parkirnya di rumahnya Risty … kalo parkir disekolah, mana aku berani, bisa bisa motorku disita … hehehe :p “. Ku ketik lagi balasan untuknya.
“ hehehe … iya ya … “. Kukirim saja hanya itu. Tak ada kata kata lain. Ada balasan lagi.
“ kamu agak sembuh gini apa gara gara pelukan dan ciuman aku tadi … hehehe :p “. Aduh, mukaku langsung merah lagi melihat deretan kalimat itu, kebayang lagi deh. Belum ku jawab, kehilangan kata – kata. Tapi Putra mengirim sms lagi.
“ kok gak dibales … marah ya … kok marah sih … “. Kali ini aku bisa membalas smsnya.
“ siapa yang marah … orang tadi aku ke dapur ambil makanan … :p “. Delivered To  Putra. Ada balasna lagi.
“ hehehe … ku kira marah gara gara tadi … tidur sana gih … biar besok tambah fit … besok aku jemput jam 6 kurang 15 menit ya … nice dreams … J . Ku ketik lagi balasan untuk Putra, kali ini mungkin yang terakhir sebelum aku tidur.
“ ya udah … aku tidur dulu … nice dreams too J . Message sent success. Aku tunggu semenit, dua menit, lima menit, Tidak ada balasan lagi, aku lalu meletakkan hp ku di samping bantal, lalu menarik selimutku dan tidur. Mencoba tidur nyenyak, meski rasanya bayangan kejadian tadi sore masih saja menghantuiku.  Ciuman itu meski di pipi, pelukan itu, dan kata – kata itu yang meskipun belum tentu serius. Membuat aku susah tidur malam ini. Masih belum percaya.
Tapi hpku melengkingkankan bunyi kodok lagi, ternyata Putra.
“ jangan lupa, mimpiin aku … wkwkwk ... :P “
Aku tak lagi membalas pesan itu, bingung mau membalas dengan sms apa. Kuletakkan hpku kembali dan ku coba untuk tidur nyenyak. Tapi sia sia, aku tidak bisa tidur, dan baru bisa benar – benar tidur setelah hampir tengah malam. Hanya bisa berdoa supaya besok tidak bangun kesiangan.
*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger