Juni 09, 2011

SATU NAMA PART IX “ CRYPTIC CONFESSION “

 “ tadi kenapa gak nyapa aku sama sekali … kamu marah soal Stella … ?” tanyanya saat kami dalam perjalanan. Bukan itu yang menjadi pokok masalahnya, tapi kamu, kamu yang selalu berhasil membuat aku bahagia dan menangis dalam waktu yang hampir bersamaan. Dan sialnya aku selalu tidak bisa memproteksi diri aku dari kamu. Aku selalu jatuh di lubang yang sama. “ kok diem … aku kan lagi bertanya … “
“ Putra aku lagi males ngebahas ini … “
“ trus ngebahas apa … “ Putra menarik lenganku. Kami berhenti di  tepi jalan, kebetulan banget jalannya rindang, pohon besar itu cukup melindungi kami dari sengatan matahari yang masih terasa terik itu meski hari sudah akan menjelang sore.
“aku gak enak sama yang lainnya … seolah olah aku yang bikin kamu kayak gini … mereka semua nanya ke aku tadi … kamu apain Fhatus kamu apain sampe kayak gitu … pertanyaan itu terus yang muncul setiap anak anak ngehampiri aku … aku gak bisa jawab ... karena aku gak tau … kamu selalu ngehindar … gimana aku tau jawabannya … “ Putra menyodorkan pernyataan iu beruntun, dan aku sulit memahami.
“ maksud kamu apa sih … kalau ngomong jangan beruntun … aku sulit ngertinya … “ protesku, masih belum sadar akan maksud ucapan Putra barusan. Aneh, Putra malah tersenyum tipis, tapi tetap membuatku menyatakan senyuman itu senyuman mautnya.
“ oke … aku ulangin … hari ini kamu kenapa … sikap kamu jadi ngehindari aku … “
“ Gak papa … emangnya kenapa … “
“ apa marah soal Stella … aku bisa jelasin … “ Putra masih sabar mengucapkannya. Aku hanya diam. Karena memang hal itu yang ingin aku dengar penjelasannya. Ayo Putra, peka dikit, jelasin ke aku sejelas jelasnya meskipun aku gak meminta langsung.
Dan Putra kayaknya mengerti.

“ aku jadian  ma dia karena pengen ngerubah sikap dia Fha … dia sekarang bergaulnya sama anak yang gak bener, kabur malem – malem ke club, minum – minum, aku gak pengen dia jadi anak yang gak bener, kita masih SMP, okelah kalo kita bandel, tapi jangan kelewatan seperti itu … makanya aku pacarin dia … kalau dia udah berubah … aku tinggal cari alasan lain supaya aku putus ma dia … “jelasnya. Mendengar itu, aku jadi sedikit marah juga dengannya. Itu nama permainan hati. Tega banget dia ngelakuin itu, kalo Stella udah cinta beneran gimana. Putra ini sinting.
“ Kamu sinting … ?? mikir gak setelah kamu putusin dia nanti … apa kamu bisa ngejamin Stella bakal baik lagi … orang putus cinta itu lebih bahaya ketimbang orang gila Putra …  lagian kamu macarin dia karena kasihan … kamu kayaknya belum dapet karma ya Put … ati – ati ... semua yang kamu lakuin pasti ada balesannya … suatu hari kalo kamu bener – bener cinta ma seseorang tapi orang itu gak mau  sama kamu … baru tau rasa … “
“ kamu nyalahin aku … ?? “ tanyanya. Aku melengos. Masih dia bertanya, jelas jelas, ya meskipun sikapnya itu gak sepenuhnya salah karena ada misi baik yang terselubung, tapi tetap saja sikapnya itu salah.
“ masih kamu nanya ke aku … ?? Put, pernah  mikirin perasaan orang gak sih … dia bisa sakit ati kalau tau semua ini … Stella nya juga bego … ngapain juga dia nerima kamu … “
“ Itu karena dia diam – diam suka sama aku … makanya aku  manfaatin situasi ini … buat ngerubah dia … “
“ iya … ngerubah dia … tapi setelah itu, kamu putusin, dan aku berani taruhan, dia bukan lebih baik, tapi lebih buruk dari kemarin … kamu  itu ya Put, belum pernah ngerasain sakit hati … makanya kamu bisa ngelakuin hal itu seenak kamu aja … mungkin kalau nanti ada cewek yang bener – bener bikin kamu sakit hati, baru kamu bisa sadar Put … “ aku menggeleng geleng, tak percaya sekaligus lega karena aku sudah tau semuanya.
Kasihan dan prihatin, itu alasan Putra, Putra berlindung di dua kata itu. Tapi tetap saja, meski dengan misi kebaikan, cara yang dia ambil tetap salah.
“ makasih kamu masih perhatiin aku … paling enggak …  lelahku selama ini sedikit terobati … “ Putra membuyarkan konsentrasiku memarahi dia. Dia berhasil menghipnoisku dengan kata kata itu.  Lelah … ? lelah untuk apa, ngapain, … sejuta pertanyaan lagi muncul di otakku. Cowok ini memang misterius bagiku, aku belum bisa menembus kemisteriusannya sampai sekarang. Untuk sampai ke gerbang misterius itu pun aku belum mampu, terlalu banyak hambatannya.
“ maksud kamu … ?? “ tapi Putra tak menjawab, lagi – lagi senyum itu yang tersungging di bibirnya. Senyum yang mampu membuat hatiku bergetar, membuat aliran darahku mengalir cepat tidak terkendali.
“ Aku ngelakuin ini karena seseorang, hampir putus asa aku sama dia … dan soal ini aku Cuma ngakuin ini ke kamu dan seseorang lainnya yang sudah kamu kenal deket banget  … bahkan Sanie pun gak tau …  aku percaya kamu … “ Putra berucap lagi, dan aku gak ngerti maksudnya, seseorang yang lain itu siapa, dan aku kenal dekat,aku jadi merutuk diri. Kenapa aku bisa blo’on gini sih, bego banget. Huft.
“ gak usah dipikir, nanti kamu juga bakal ngerti sendiri meskipun kesadarannya telat banget … kamu kan agak telmi “ Putra lalu tersenyum, masih sama, apalagi saat melihat aku membelalak kearahnya, tawanya makin pecah.  “ tapiiii…. Meski telmi telmi gini, aku percaya sama kamu … kamu orangnya menyenangkan, gak gampang marah sekaligus gak cocok untuk marah … hahaha … yaudah … pulang yuk … mau jalan atau naik angkot … “ tanyanya. Tanpa berfikir aku langsung menjawab.
“ jalan aja deh … lebih seru kayaknya … “
“ biar lebih lama sama aku kan … hayoo … ngaku … “ ucapnya. Dieeeng. Ketauan, alasan itu betul banget. Dengan jalan kaki, pasti lebih lama ngobrol ma Putra. Dasar, Putra, tau aja, mukaku pasti kayak kepiting rebus sekarang.
“ Oh ya … bahasa Inggrisku tadi dapet berapa …??  “ tanyanya,
“ jelek … jawabanmu ngawur semua … “
“ Kamu sih waktu itu gak mau nyontekin aku … nilaiku jadi jelek kan … pokoknya nanti aku protes sama Miss Ata … suruh nyalahin kamu bukan aku … “ ucapnya. Apa apan, dia yang dapat nilai jelek , kenapa aku yang disalahin.
“ Enak aja … itu salah kamu sendiri gak belajar … “ protesku, siapa dia nyalahin aku segala.
“ nanti ngerjain PR lagi ya dirumah sepupu  kamu itu … tadi kan aku gak sempet  ngomong … kamu kayaknya tadi marah banget sama aku … “
“ terserah deh … “
“ tapi sekarang udah gak marah lagi kan … “ aku langsung ngeloyor. Tapi Putra mencegahku, menahanku, dengan, masih cara yang sama, menarik lembut lenganku. “ bilang dulu gak marah lagi … “ aku menahan tawa melihat tingkah Putra, yang benar – benar seperti keponakanku, memelas sekali dia. Hahaha.
“ Iya … udah enggak kok … mau sekalian aku kasih permen … hahahaha … “
“ Kamu itu … emang kamu pikir aku anak kecil apa … “ Putra mengacak – acak rambutku, lagi. Membuatku merasa gemetar.
“ hahaha … kamu sih … melas banget tadi … kayak keponakanku … “
“ gak papa sih kalo aku jadi keponakan kamu … dimanja terus … “
“ Iiih ... apan sih Put, udah deh gak usah alay … “ Aku tak menghiraukannya lagi, bisa ikutan sinting nanti. Putra hanya cekikikan melihatku. Rupanya semua sudah kembali lagi, entah besok, semoga masih seperti yang sekarang aku alami.
*****
Kemarin, rencanaku belajar bareng batal. Gara – gara orang tua Putra meneleponnya dan menyuruh cepat pulang. Hari ini aku tidak terlambat ke sekolah, Pak Satpam tetap kali ini mendahuluiku datang.
“ Wah … kamu kalah lagi sama saya … tapi kamu menang diantara teman -  teman kamu … datang pertama kali … “
“ Oh ya … “ aku pura – pura kaget, sudah ku prediksikan dirumah kalau aku jadi yang pertama datang.
“ Seneng amat mbak keliatannya … udah baikan sama cowoknya itu … keliatannya kemaren pulang bareng tuh … “
“ iiih ... pak satpam  apa apan sih … dia bukan pacar aku tau … “
“ pagggiiiii pak satpam … how are you today … “ tersengar sapaan dari arah belakangku, suara itu … aku tak menoleh.
“ pagi mas … wah kok bisa hampir bareng datangnya … “
“ tau tuh … udah tau dari tadi aku dibelakangnya masih aja gak mau noleh … pak satpan ini juga … pagi pagi udah godain cewek orang … “
“ loh yo ndag toh wong saya hanya menyapa saja … saya ke kantor dulu ya mas mbak … “ aku mengangguk, masih tidak mau menoleh kebelakang.
“ sombong amat sih gak mau noleh … “ tuh kan beneran Putra, Putra menarik lenganku dan memutar badanku hingga berhadapan dengannya.” Masih marah soal yang kubicarain kemarin … aku kan ngelakuin hal yang baik … seharusnya kamu dukung dong … “ iya hal baik yang pernah ngebuat aku benar benar marah karena kedekatan kalian.
“ tapi tetep aja yang kamu lakuin itu salah … “ aku lalu pergi lagi, entah Putra, masih disana atau sudah kekelas, karena aku tisak langsung ke kelas saat itu, kekantin, mengecek apa sudah buka atau belum, karena aku sangat lapar belum sarapan.
“ Aku ada roti … makan aja ... kamu pasti belum sarapan … “ suara itu mengaketkanku. Putra tiba tiba sudah ada dibelakangku, berdiri dengan satu  roti di tangan kanannya dan tetap memakai tas, berarti tadi dia gak ke kelas. “ tadi aku keluar beli roti ... aku juga belum sarapan  tadi … nih buat kamu … “
Putra menyodorkan roti itu, sepertinya lezat sekali, coklatnya sudah menggoda lidahku. Yummy. Kelamaan aku diam, Putra lalu menarik telapak tanganku dan menaruh roti itu diatasnya.
“ dimakan dan buruan kekelas … ini gak gratis … aku pinjam PR matematika kemarin … “ aku mendelik. Jadi ada udang dibalik rempeyek.
“ gak ikhlas banget sih ngasihnya … !!! “
“ biarin … udah kekelas sekarang … “
“ kamu duluan aja deh Put … aku ke toilet dulu … “
“ jaminan … sini buku matematikamu … aku gak mau nanti rebutan ma yang lain nyocokin … harus aku duluan … “ aku tersenyum kecut. Gak percayaan banget sih nih anak. Aku lalu menyerahkan buku matematikaku. Padahal belum tentu jawabanku benar semua.
“ nanti kalau salah, awas sampe nyalahin aku … !!! “
“ ya enggak dong sayang … mau bareng ke kelas gak … aku tungguin deh … “
“ gak usah …  kamu duluan aja … “
“ dah sayang … “ pamitnya, dilihat pak satpam, ia hanya tersenyum senyum saja. Aku tak jadi ke toilet, lalu berlari menyusul Putra.
“ Loh … katanya mau ke toilet dulu … kok lari lari nyusulin aku … ?? “ tanya Putra saat aku berhasil menyusulnya.
“ Gak jadi ke toiletnya … “ Putra tertawa mendengar jawabanku. Aku berjalan agak jauh dari Putra saat akan mendekati kelas. Dan Putra sepertinya mengerti, karena sudah ada Stella disana.
“ Tuz …aku pinjem matematikmu … “ Adhi malah sudah menghampiriku diluar kelas.
“ bukuku udah dibawa Putra tadi pi … sorry ... aku ketemu dia dibawah tadi … “
“ yaelah … kenapa sih Putra terus yang dipinjemin … “
“ Abis dia maksa … toh kalaupun dia gak kukasih pasti tuh anak masih disebelahku bwt ngerayu supaya dicontekin … “
“ Heuh ya udah deh … ceilaaaah … gaya bener kayak kompeni … sarapan roti … “ aku hanya nyengir mendengar ucapannya Adhi.
“ hehehe … tadi Putra yang beliin … kebeneran aku belum sarapan … ya aku terima aja … “
“ dan sebagai gantinya buku matematika kamu … “
“ ya enggak lah … kebeneran aja itu … uda yuk mending ngerjain pr yang lain … fisika misalnya … kemarin aku udah langsung ngerjain ma Ratna … kamu udah ngerjain belum … nih bawa aja … “
“ ya deh … daripada nungguin antrian matematika … tapi bisa dari Putra … aku pinjem matematikanya ya … antrian ke dua aku … “
“ Siiiiippp …. “
Melihat Putra duduk dengan Stella, aku jadi ciut juga. Saat Stella tersenyum kearahku, aku hanya membalasnya dengan senyuman datar, sangat datar. Antara kasihan dengannya, marah, dan satu lagi, cemburu, apalagi saat Putra menggenggam telapak tangan Stella dengan tangan kirinya, sementara tangan kanannya menulis, persis seperti apa yang Putra lakukan padaku dulu.
“ udah gak usah diliatin terus … “ Adhi menyeletuk mebuyarkan tatapanku yang kosong. Sial. Aku lalu duduk dibangku dan mulai menegeluarkan novel yang baru aku pinjam dari rental komik kemarin, membacanya sambil makan roti pemberian Putra tadi.
*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger